Salah Kaprah Arti Diet






Helooo sobat Dietnesia!!! Tahun 2019 merupakan tahun yang dinamis dimana orang – orang menginginkan segala sesuatu dengan cepat. Dimulai dari mendapat makanan dengan cepat hingga membentuk tubuh menjadi ideal dengan instan. Hal ini ditandai dengan banyaknya produk – produk diet yang bermunculan dibarengi dengan meningkatnya jumlah permintaan oleh konsumen yang ingin berdiet yang juga dapat diketahui dari jumlah penelusuran kata diet di google sebanyak 968 juta penelusuran.

Ketika Mendengar kata DIET pastinya membuatmu berfikir tentang menurunkan berat badan. Dewasa ini juga didukung oleh perusahaan produk diet yang marketingnya selalu menggunakan tagline weightloss. Hal ini tidak salah dan juga tidak sepenuhnya benar, tetapi hal ini juga menjadi penyebab takut dan tidak pedenya beberapa orang ketika dianjurkan oleh ahli gizi/dokter untuk melakukan program dengan awalan diet, karena mereka pikir diet itu ketat dan hanya untuk orang gemuk saja.

Menurut Prof. Barb Leonard, PhD, RN, PNP dari Universitas Minnesota USA menyatakan bahwa diet adalah tentang makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang setiap hari dan keadaan mental dan fisik yang berhubungan dengan makanan. Kemudian, berdasarkan KBBI pula, kata diet berarti aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya dengan petunjuk ahli gizi/dokter). Berdasarkan keterangan ahli gizi, dokter dan buku, diketahui bahwa program diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Beberapa contoh diet adalah diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan, diet penyakit hati, diet penyakit jantung, dan sebagainya disesuaikan keadaan individu.

Kesimpulanya, diet adalah pengaturan makanan dan minuman yang dikonsumsi dengan tujuan kesehatan yang dianjurkan oleh tenaga ahli seperti ahli gizi atau dokter.

Jadi, sekarang sudah tau kan arti sebenarnya dari diet ? jangan salah lagi ya. Ciaoooo Salah Sehat, Salam Dietnesia.

Sumber: Prof. Barb Leonard, PhD, RN, PNP | KBBI

Post a Comment

0 Comments