Diet Pakai Produk Pabrik Aman?






Tidak bisa dipungkiri, produk pelangsing dan penggemuk dimasyarakat kini semakin populer. Dari pemasaran produk yang di klaim berbahan dasar alami hingga yang dapat memberikan hasil instan. Produsenya pun tidak kalah banyak, ada yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Tapi pertanyaanya, apakah benar – benar aman ?

Tanggal 14 November 2018 lalu, BPOM merilis pengumuman yang berisi penarikan ratusan produk diet maupun obat herbal yang dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit hati dan lain sebagainya.

Dilansir dari Alodokter.com, Dr. Rico N, “ menyatakan bahwa banyak produk – produk diet yang belum terbukti secara ilmiah yang dapat dipercaya. Klaimnya lebih berdasarkan kepada testimoni yang benar/tidaknya sulit untuk dipertanggungjawabkan. Apakah ada efeknya? Mungkin saja ada. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah klaim tanpa efek samping. Ini adalah klaim yang menyesatkan karena mendorong orang untuk meminum jangka panjang tanpa berfikir mengenai resikonya. Padahal tidak ada suatu apapun, meski obat herbal sekalipun yang tidak ada efek sampingnya. Entah itu karena dosis, cara pemakaian, lama pemakaian, dan ketepatan pemakaianya. “ Oleh karena itu, diperlukan penelitian selama puluhan tahun untuk mengetahui efek jangka panjang suatu produk agar konsumen tidak menyesal di hari tua.

Pakar gizi dan kesehatan, Dr Tan Shot Yen menyatakan bahwa “ diet tidak harus mahal, Lakukanlah diet dengan makanan yang sehat, yaitu makanan yang semakin dekat dengan bentuk aslinya di alam, karena jika ada gulai dan sosis ayam maka gulai ayam jelas lebih sehat karena tuhan tidak pernah menciptakan sosis ayam. “

Perlu diketahui bahwa efek dari pengolahan pabrik adalah zat – zat penting didalam makanan akan berkurang dan zat – zat berbahaya efek dari alat pabrik mungkin saja bisa masuk dan tidak terdeteksi.

Jadi, masih pengen pake yang instan ?

Sumber : BPOM, Alodokter, Dr. Tan Shot Yen

Post a Comment

0 Comments