Growth Chart Terbaru ( Versi Indonesia )




Hellooo sahabat Dietnesia!!!, kali ini admin bakal share terkait hasil penelitian terkait Growth Chart atau disebut juga bagan atau kurva pertumbuhan anak yang baru – baru ini di luncurkan oleh IDAI ( Ikatan Dokter Anak Indonesia ).

Dikutip dari Instagram salah satu peniliti, yaitu Dr. Aman Pulungan beliau mengatakan “ Alhamdulillah selesai semua growth chart nasional terbaru. Ada kelompok umur 0 – 3 tahun dan 2 – 18 tahun. Untuk Panjang/tinggi badan, berat badan dan BMI. Data ini lebih dari 300rb anak di 34 provinsi. Semoga insya allah semua anak dari semua suku yang ada di Indonesia, dengan adanya kurva ini pasti interpretasi pendek, Stunting yang selama ini dengan kurva WHO atau CDC pasti akan berubah. Semoga Bermanfaat.

Seperti yang kita tahu bahwa selama ini dalam penentuan status gizi maupun kejadian stunting di Indonesia biasanya masih menggunakan Growth Chart dari WHO maupun CDC yang batas Cut Off -nya merupakan anak – anak yang bukan dari Indonesia, akibatnya Cut Off yang tersedia cukup tinggi dan interpretasi kejadian gizi kurang maupun stunting menjadi lebih banyak.

Semoga dengan dikeluarkanya Growth Chart ini sebagai hasil dari penelitian beliau – beliau dapat digunakan secara menyeluruh kedepanya dan di kukuhkan oleh Kemenkes sebagai Growth Chart berstandar Indonesia dan digunakan dalam survey – survey yang akan datang sehingga jumlah yang didapatkan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Berikut Growth Chart dapat didownload di link berikut :
  1. https://adsafelink.net/hRkRczeFb0 atau
  2. https://bercara.com/q0rL9oJnONyN



**** Jika masih ada yang bingung cara mendownloadnya bisa kunjungi link berikut :
         Cara Download Sobatku



Post a Comment

0 Comments