SOMATOTYPE ( ECTOMORPH, MESOMORPH, ENDOMORPH ) A.K.a BENTUK TUBUH

Hello Sobat Dietnesia, sudah lama kita tak berjumpa yaaa......

Jadi hari ini admin pengen ngebahas tentang Somatotype atau bentuk tubuh. Jujur saja admin cukup kecewa ketika mengetahui bahwa masih ada saja orang - orang yang percaya dengan konsep ini yang akhirnya menimbulkan presepsi " Saya Ectomorph, ga ada gunanya bikin otot " atau " Saya Endomorph, percuma aja diet ". Padahal..... 

" Prinsip Fitness, Diet, Nutrisi itu sama untuk semua orang. " , 

So " Jangan jadikan genetik sebagai alasan malas Fitness atau Diet "

Ada beberapa alasan kenapa admin sangat meragukan konsep SOMATOTYPE ini, yaitu :
  1. Yang mencetuskan teori ini adalah seorang psikolog, dan isunya pencetus teori ini bahkan sengaja mencurangi data agar sesuai dengan teorinya.
  2. Prinsip Diet, nutrisi semua sama untuk semua orang, yang artinya siapa saja yang ingin membesarkan badan maka Makan harus diatas kebutuhan energi dan protein harian, begitu juga sebaliknya. Lalu, siapa saja yang ingin tambah kuat maka harus menerapkan latihan tipe Progressive Overload atau Fokus tambah kuat dengan Strength Training.
  3. Banyak jurnal - jurnal yang menjelaskan bahwa teori ini hanyalah mitos


Sejarah SOMATOTYPE Ecto/Endo/Mesomorph
Istilah – istilah yang ada pada Somatotype ini merupakan hasil karya seorang psikolog yang bernama William Herbert Sheldon. Psikolog ini menyatakan bahwa ada hubungan antara SIFAT dan TEMPRAMEN seseorang dengan bentuk tubuhnya.



“ LOHH??? Kok yang psikolog ini gak masuk akal??? Ya memang !!! “

Selain memang tidak masuk akal, teori ini tidak ada hubunganya dengan performa fisiologi tubuh manusia. Yang menentukan sifat seseorang adalah hasil interaksinya dengan lingkunganya. Masak orang kalo kurus otomatis penakut???, gak masuk akal dong. Admin juga kenal beberapa bodybuilder yang sifatnya pendiem dan kadang takut pada hal – hal tertentu.

“ Kita ini manusia yang memiliki sifat yang sangat beragam, hampir mustahil untuk menggolongkan sifat dengan hubunganya dengan tubuh manusia. “

Tapi yaaa,, memang biasanya orang yang badanya gede agak lebih percaya diri. Tapi intinya, konsep Somatotype ini hanyalah mitos dan tidak masuk akal.

“ Jadi gimana min harusnya ??? “

Oke, jadi kalian yang merasa bertype Ectomorph, stop merasa seperti itu. Hey, kalian cuman kurus dan kurang makan aja. Asal kalian disiplin membuat diet bulking serta exercise yang baik, admin yakin badan kalian bisa jadi kayak gini.

Mulai sekarang ayok, kita ganti kata Ectomorph jadi kata “ Kurus “ aja.


     Prinsip diet dan latihan orang kurus :
  1. Makan +500 dari jumlah kebutuhan kalori harian. Contohnya jika kebutuhan harian 2000 kalori, maka harus makan 2500 atau lebih dari itu secara bertahap.
  2. Konsumsi Protein 1,5 – 2gr/KgBB (usahakan berasal dari hewani)
  3. Latihan Otot 3-4x/minggu (sistem Fokus Tambah Kuat)


Tolong dimengerti bahwa atlet-atlet yang badanya gede diluar sana TIDAK dibentuk cuman dalam waktu 2-3 minggu, tapi butuh proses dan disiplin, jadi harus sabar.

Bagi kalian yang merasa tubuhnya Endomorph AKA Gendut

Oke, kalian bukan Endomorph, tapi kalian cuman kebanyakan makan dan kurang aktifitas fisik ajaa.....

Btw, nothing is impossible. Gak ada yang gak mungkin untuk ngurusin tubuh, yang ada kalian cuman mager buat latihan dan pola makanya engga bener. Ini contoh buktinya :



Prinsip diet dan latihan orang gendut :
  1. Makan 1500 kalori atau -500 kalori setiap dari kebutuhan sehari. Contoh, yang biasanya makan 3000 kalori, dirubah menjadi hanya 2500 kalori atau bahkan lebih lagi.
  2. Konsumsi protein 1,5 – 2gr/KgBB (usahakan dari hewani)
  3. Latihan 3-4x perminggu , minimal 30 menit.


Kok latihanya sama kayak yang kurus “

Tentunya memang sama, karena biologi manusia itu cukup simpel. Prinsip gedein otot yakni :
1.      Disiplin latihan
2.      Atur makan yang bener
3.      Istirahat cukup
4.      Fokus tambah kuat
5.      Sabarrrrrrr......................

Jangan percaya kalo orang bilang Ectomorph harus latihan gini, Endomorph gaboleh angkat berat – berat, That’s it Bullshit broo....

Get Strong, Eat right, Rest Well and you will get Aesthetics Body that you want.



Jadi mungkin itu yang bisa admin sharing, semoga temen – temen semakin paham dan gak percaya lagi dengan mitos – mitos yang bertebaran dan fokus disiplin pada programnya.
Best Regards Brodibalo,

Referensi :
  1. Nude Photos Are Sealed At Smithsonian. (2016). Nytimes.com. Retrieved 5 April 2016, from http://www.nytimes.com/1995/01/21/us/nude-photos-are-sealed-at-smithsonian.html
  2. William Herbert Sheldon. (2016). Wikipedia. Retrieved 5 April 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/William_Herbert_Sheldon
  3. Dictionary of Theories, Laws, and Concepts in Psychology. (2016). Google Books. Retrieved 5 April 2016, from https://books.google.co.id/books?id=6mu3DLkyGfUC&pg=PA427&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
  4. RAFTER, N. (2008). SOMATOTYPING, ANTIMODERNISM, AND THE PRODUCTION OF CRIMINOLOGICAL KNOWLEDGE*. Criminology, 45(4), 805-833. doi:10.1111/j.1745-9125.2007.00092.x


Post a Comment

0 Comments